Selasa, 05 Mei 2015

Tugas 2 : E-Mall



 E-Mall

Di zaman globalisasi seperti saat ini, hampir semua orang sudah mengenal internet. Internet sudah seperti kebutuhan untuk hampir semua orang pasti terhubung dengan internet. Dengan adanya internet kita dapat melakukan banyak hal seperti berkomunikasi dengan orang lain yang berbeda daeraah bahkan berbeda negara dengan menggunakan internet, seseorang dapat bekerja di rumah tanpa harus ke kantor dan lain sebagainya. Dengan adanya internet semua pekerjaan dapat dilakukan dengan mudah, bahkan kita dapat beberlanja melalui internet.

Jual beli berbagai barang melalui intenet sudah tidak asing lagi bagi kita, kegiatan tersebut biasanya kita sebut e-mall. E-mall merupakan sebuah layanan yang memudahkan konsumen dan pelanggan untuk berbelanja dan melihat produk-produk yang mereka jual secara online. Para konsumen dan pelanggan akan dimanjakan dalam melakukan pesanan dan pembelian secara elektronik melalui jaringan internet yang dapat di akses dimanapun, kapanpun, dan apapun yang mereka butuhkan. Seperti halnya mall secara fisik, fasilitas yang disediakan e-mall mirip sekali atau bisa dibilang sama dengan mall di dunia nyata, mungkin letak perbedaannya hanya pada komunikasinya yaitu tidak bertemu secara langsung, mulai memperkenalkan produk sampai transaksi pembayarannya, e-mall juga menawarkan produk dan layanan mereka seeakan-akan kita berada pada tempat mall tersebut. Di dalam e-mall terdapat penjual secara virtual yang dapat melayani seorang pelanggan atau lebih melalui jaringan internet. Pada mall eletronik (e-mall) ditampilkan produk-produk dari berbagai toko, dan jika pengunjung mall tersebut tertarik untuk membeli maka sudah disediakan berbagai fasilitas sampai termasuk fasilitas untuk melakukan transaksi.

Keuntungan E-mall adalah :

1.      Jaringan dari e-mall mendunia. Misalnya amazon.com yang diakses oleh orang indonesia.

2.      Tidak mengenal tutup, maksudnya adalah e-mall buka 24 jam penuh.

3.      Bisa menghemat banyak waktu dan tenaga karena hanya dengan duduk di meja kerja dan go online, kita sudah bisa membeli sebuah produk.

4.      Hampir semua jenis produk tersedia dalam e-mall.

5.      Pilihan produk yang sangat banyak. Disini kita bisa membandingkan baik dari segi harga, kualitas maupun testimonial dari orang2 yang membeli produk tersebut, sebelum memutuskan untuk membeli produk yang kita inginkan.

6.      Tidak diperlukannya ruangan atau toko.

7.      Harga barang bisa lebih murah karena berkurangnya biaya operasional seperti sewa toko, karwayan dll.

8.      Potensi pembeli dari seluruh dunia tanpa mengenal batas ruang dan waktu

 Kelemahan E-Mall :

1.      Sebagai calon pembeli, kita tidak bisa memegang atau mencoba produk.

2.      Di Indonesia, masyarakat belum terbiasa berbelanja menggunakan katalog, kepercayaan kepada pembayaran elektronik juga masih kurang, penggunaan kartu kredit masih terbatas pada orang-orang tertentu.

Terdapat  empat macam E-mall yaitu diantaranya :
  •  General stores : merupakan situs e-mall yang menjual berbagai macam barang. Di dalam General Stores (GSO) kita diberikan kemudahan dalam melakukan transaksi jual-beli barang yang beraneka ragam.Aneka pilihan dan kemudahan ini tentu sangat menguntungkan baik bagi konsumen maupun produsen, Bagi produsen GSO akan berperan sebagai alat bantu untuk mendapatkan barang yang di cari tanpa harus mengeluarkan energy yang ekstra untuk mendapatkan barang tersebut (mengurangi proses hunting,membandingkan harga dengan barang lain secara manual, serta proses pembelian secara fisik )
Beberapa keunggulan dari General Stores (GSO) yaitu :

ü  Barang yang ditawarkan beraneka ragam

ü  Kemudahan hunting, proses pemesanan, dan transaksi

Beberapa Kelemahan dari General Stores (GSO) yaitu

ü  Manajemen GSO lebih kompleks dan terkesan ribet (bagi perusahaan)

ü  Akses kadang terganggu karena banyaknya produk (similar product)

Salah satu contoh dari General Stores (GSO) adalah  Amazon.com
 
  •  Specialized stores : merupakan situs e-mall yang hanya menjual  1 jenis merek atau barang. Specialized Stored on line (SSO) lebih spesifik dari GSO ,walaupun memiliki fitur atau layanan yang hampir sama dengan GSO, tapi SSO memiliki perbedaan yaitu Produk yang dijual lebih spesifik (kurang lebih satu macam produk saja)
Keunggulan dari Specialized Stored on line (SSO) yaitu :
    ü  Barang yang diinginkan lebih mudah dicari

Kelemahan dari Specialized Stored on line (SSO) yaitu :

ü  Situs hanya dikunjungi apabila ada konsumen yang membutuhkan barang tersebut (barang yang spesifik) 
Salah satu Contoh dari Specialized Stored on line (SSO) yaitu  : store.apple.com yang hanya menyediakan produk produk keluaran apple
  •   Regional stores merupakan layanan situs transaksi yang lain akan tetapi hal yang membedakannya adalah cakupan wilayah regional stores merupakan situs e-mall yang melayani transaksi hanya dalam wilayah regional saja.
Kelebihan dari regional stores yaitu :

ü  Layanan lebih cepat karena cakupan wilayah lebih sempit

Kelemahan dari regional stores yaitu :

ü  Barang lebih sedikit dan wilayah yang dilayani juga lebih sempi

Contoh dari regional stores yaitu :

ü  Di Korea yaitu Cardinal South Corea yang menjual baju

ü  Di Singapore yaitu V2 yang menjual SoftwareExchange

ü  Di Indonesia yaitu gramediaonline.com yang menjual berbagai macam buku



Sedangkan Global stores tentu memiliki cakupan wilayah layanan yang lebih luas dan barang yang terstandarisasi lebih baik,dikarenakan produsen yang masuk ke situs ini pasti sudah memiliki standarisasi global. Global stores merupakan situs e-mall layanan transaksi mencakup wilayah global.

Kelebihan dari Global stores yaitu :

ü  Produk lebih beraneka ragam dan terstandarisasi global

Kelemahan dari global stores yaitu :

ü  Karena jangkauan lebih luas, lebih merepotkan dalam pelayanan. Dan biasanya dalam pengiriman barang memerlukan lebih banyak waktu

Contoh dari global stores yaitu : Amazon.com



  •   Pure online organization vs click-and-mortal stores : 

Pure online merupakan e-mall yang seluruh kegiatannya murni melalui online, hingga jasa pengirimannya ditanggung oleh situs tersebut. 

Kelebihan  dari pure online yaitu :

ü  Sistem pelayanan terpusat sehingga mudah pengontrolannya

Kelemahan dari pure online yaitu :

ü  Apabila terjadi permasalahan dalam satu bagian maka akan berdampak sistemik pada bagian yang lain

Contoh dari pure online yaitu : Amazone.com

Sedangkan click-and-mortal stores merupakan Situs e-mall yang bekerja sama dengan beberapa penyedia jasa dalam proses pelayanan.
Kelebihan dari click-and-mortal stores yaitu :

Kelebihan dari click-and-mortal stores yaitu :

ü  Pelayanan lebih maksimal karena langsung ditangani oleh ahlinya

Kelemahan click-and-mortal stores yaitu :

ü  Kontrol sedikit sulit karena sebagian bagian pelayanan berada di luar perusahaan



Komponen utama dan pemain dalam e-mall adalah customer, penjual, barang, dan jasa (fisikal atau digital), infrastruktur, front end, back end, perantara, partner bisnis lainnya, dan jasa pendukung.
1.      Customer.
2.      Penjual
3.      Produk dan jasa : produk yang dijual disini beraneka ragam, mulai dari buku, computer, kebutuhan rumah tangga dan kantor, elektronik, olah raga, mainan, kesehatan dan kecantikan.
4.      Infrastruktur : infrastruktur marketspace meliputi jaringan elektronik, hardware, software, dan lain-lain.
5.      Front end : customer berinteraksi dengan marketspace melalui front end. Komponen dari front end bisa meliputi pintu gerbang penjual, katalog elektronik, shopping cart, search engine, dan pintu pembayaran. Semua front end telah ada di situs tersebut dengan jelas.
6.      Back end :semua aktivitas berhubungan dengan agregasi pesanan dan pemenuhan, manajemen persediaan, pembelian dari supplier, accounting, keuangan,proses pembayaran, packaging, pendistribusian yang dinamakan back end dari sebuah bisnis.
7.      Perantara : dalam marketing, perantara merupakan orang ketiga yang mengoperasikan hubungan antara penjual dan pembeli. Perantara menawarkan jasa mereka dalam web. Peranan dari perantara disini berbeda dengan peranan perantara pada umumnya. Perantara online menciptakan dan mengatur pasar online. Mereka membantu mencocokkan pembeli dan penjual, menyediakan jasa infrastruktur, dan membantu customer dan atau penjual dalam menyelesaikan transaksi. Mereka juga membantu sangat banyak transaksi yang ada pada jasa penyediaan, seperti didemonstrasikan pada WebMD. Perantara online biasanya beroperasi dengan sistem komputer.
8.      Partner bisnis lainnya : selain perantara, terdapat beberapa tipe partner bisnis, seperti pengiriman yang berkolaborasi melalui internet, dan partner lain yang biasanya berkaitan dengan supply chain.
9.      Jasa pendukung : banyak jasa pendukung yang tersedia, mulai dari pengesahan sertifikat, jaminan orang ketiga, sampai penyedia layanan.
Dibawah ini merupakan beberapa contoh E-mall :
1.      Toko Gramedia,
Seperti kita ketahui Gramedia merupakan salah satu toko buku besar di Indonesia, saat ini Gramedia tidak hanya menjual buku mereka secara manual (melalui cabang-cabang toko) saja tetapi juga melalui media internet. Gramedia memiliki situs sendiri yang berfungsi sebagai e-mall sehingga konsumen dapat melihat buku apa saja yang dijual oleh gramedia, kemudian melakukan transaksi jual-beli. Berikut merupakan tampilan dari situs gramedia.com

Untuk dapat melakukan proses pembelian atas buku-buku yang dijual, konsumen harus terlebih dahulu melakukan registrasi untuk menjadi member dari Gramedia. Walaupun merupakan specialized stores namun gramedia menjual beragam buku mulai dari buku fiksi, sastra, buku anak-anak, dan lain-lain, apabila pengunjung kesulitan untuk mendapatkan apa yang dicari maka pangunjung dapat memanfaatkan fasilitas search yang disediakan pada pojok kanan atas dari halaman situs ini. Dari segi tampilannya situs ini sudah menarik dan tidak rumit, pengunjung situs dapat mencari dan juga melihat buku apa yang ingin dicari, sinopsis dan juga berapa harga atas buku tersebut.

 2.      Amazon


Gambar di atas merupakan contoh halaman dari situs amazon.com. Pada awal berdirinya situs ini hanya melayani penjualan buku saja, namun saat ini amazon.con juga telah memperluas pasarnya, selain menjual buku, amazon.com juga menjual baju, alat-alat elektronik, mainan, dan masih banyak lagi. Dari segi tampilan, situs ini sudah tergolong bagus dan menarik. Untuk dapat melakukan transaksi, seorang user harus terlebih dahulu melakukan registrasi untuk menjadi anggota. Keunggulan lain dari situs ini adalah terdapat tampilan atas item-item yang diperjual belikan beserta harga, selain itu terkadang produk yang dijual dari situs ini juga diberlakukan diskon seperti halnya mall pada umumnya.



Sumber :